Artikel Terbaru

loading...

Keutamaan Surat Al Kahfi

Keistimewaan Surat Al Kahfi. Surat al kahfi adalah Surah yang ke-18, terdiri dari 110 ayat. Dinamakan surat al kahfi yang berarti gua, karena di dalamnya terdapat kisah mengenai beberapa pemuda yang tidur dalam gua sampai bertaun-tahun lamanya.
isi kandungan Surat Al Kahfi antara lain:
1. Masalah keimanan, seperti kekuasaan Allah SWT, untuk memberi daya hidup pada manusia di luar hukum kebiasaan, dasar-dasar tauhid serta keadilan Allah SWT tidak berubah selama-lamanya. Ilmu Allah amat luas sekali meliputi segala sesuatu sehingga manusia tidak mampu menulisnya dan lain-lain.
2. Masalah hukum-hukum, meliputi dasar-dasar hukum wakalah, larangan membangun tempat ibadah di atas kubur, hukum melafadzkan Insya Allah, perbuatan yang dilakukan karena lupa adalah dimaafkan, dan lain-lain.
3. Mengenai kisah-kisah, tentang Ashhaabul Kahfi (penghuni gua), kisah dua orang lelaki yang seorang kafir dan yang seorang lagi mukmin, kisah nabi Musa a.s. dengan Khidhir a.s. kisah Zulqunain dengan Ya'juj dan Ma'juj.
4. Kesungguhan mencari guru (ilmu), adab sopan santun antara murid dengan guru, contoh cara memimpin dan memerintah rakyat, serta perjuangan untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan rakyat dan negara.

Fadhilah Surat Al Kahfi sangat besar. berikut adalah fadilah surat Al Kahfi (jika dibaca atau ditulis seluruh ayatnya) :

1. Diampuni segala dosanya
1. Bila dibaca setiap hari Jum'at secara tetap, Insya Allah pembacanya diampuni oleh Allah sampai hari Jum'at berikutnya ditambah tiga hari. 

2. Jauh dari kemiskinan, bebas dari beban hutang, dan selamat dari orang dzalim
apabila ditulis dan waktu menulisnya dalam keadaan dalam keadaan suci, lalu dimasukkan ke dalam botol (agar tidak rusak), kemudian ditanam di dalam rumah (di tempat yang terlindungi supaya tidak diinjak-injak), insya Allah, seisi rumah diselamatkan dari kemiskinan, dijauhkan dari beban hutang, dan diselamatkan dari kezaliman orang lain.

3. Agar bahan makanannya dijaga dari kerusakan, pemborosan dan mendapat berkah
Bila tulisan tersebut disimpan di tempat menyimpan bahan makanan (seperti padi, jagung, dan sejenisnya), maka Allah akan menjaganya dari kerusakan, dihindarkan dari pemborosan, dan dilimpahi keberkatan.

Demikianlah khasiat surat Al Kahfi, di baca ataupun ditulis seluruhnya. Maka sebaiknya marilah kita rajin membacanya terutama pada hari Jumat sebagai amalan tetap.

Selain itu ada beberapa Faedah Surat Al Kahfi, yang khusus di beberapa ayatnya, yaitu :

4. Bangun Tepat Pada Waktunya
Sepertiga malam yang terakhir adalah waktu yang mustajab. Orang-orang yang mengharapkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat tidak pemah melewatkan waktu itu untuk beribadah mendekatkan diri kepada Allah. Mereka bangun lalu mengerjakan solat malam seperti solat Tahajjud, solat hajat, solat Tasbih. Tetapi orang yang belum terbiasa bangun malam, tentu berat sekali menjalankannya. Meskipun di dalam hati ada niat, namun ternyata bangunnya terlambat, bahkan kesiangan.
Agar dapat bangun tepat pada waktu yang kita kehendaki misalnya jam 03.00 malam, maka amalkan petunjuk di bawah ini.
1. Berwudhu dahulu ketika tidur.
2. Setelah berada di tempat tidur, bacalah (surat al kahfi ayat 107-110)3. Lalu memohon kepada Allah agar bangun jam 03.00.
4. Setelah berdoa jangan ngobrol lagi hingga tertidur.
Insya Allah, nanti pada waktunya sesuai dengan yang dikehendaki, kita akan terbangun dengan sendirinya seakan-akan sudah terbiasa bangun jam 03-00.
Demikianlah khasiat yang terkandung di dalam surah al kahfi ayat 107-110.

5. Jimat Menghalau Makhluk Halus pada Untuk anak-anakKalau kita mempunyai anak kecil, kemudian pada suatu malam dia tidak bisa tidur dan selalu menangis, maka ini petanda ada gangguan makhluk. Kecuali jika temyata pada anak itu terdapat penyakit, misalnya sakit perut atau lainnya. Maka menangisnya itu disebabkan oleh penyakit. Tetapi kalau si anak tidak sakit, namun selalu merengek pada setiap malam, inilah tandanya bahawa anak itu diganggu makhluk halus.
Agar anak tidak diganggu oleh makhluk halus, maka buatlah jimat sebagaimana petunjuk di bawah ini:
1. Sediakan kertas putih lagi bersih.
2. Tulislah pada kertas itu:
a. Surat al kahfi ayat 10-11
b. Surah Thaaha ayat 108.
c. Surah Al-Falaq
d. Surah An-Naas
3. Kemudian kertas dilipat dan dibungkus dengan kain putih untuk dijadikan kalung.
4. Kalungkan pada anak yang suka merengek tengah malam.
Insya Allah, anak tersebut akan berhenti menangis dan tidur nyenyak.
Demikianlah hikmah yang terkandung di dalam ayat-ayat tersebut. Amalkanlah demi keselamatan anak-anak kita. Anak adalah buah hati orang tua yang memerlukan pemeliharaan dengan baik agar kelak dapat tumbuh menjadi manu- sia yang beriman, bertaqwa dan bertanggungjawab di dalam mengharungi kehidupannya di dunia untuk bekal di akhirat.

6. Jimat Agar Mudah Tidur
Susah tidur adalah termasuk penyakit. Pada orang sakit, tidak dapat tidur akan mengganggu organ tubuh lain. Tidur merupakan istirshat bagi organ-organ tubuh dan saraf. Jadi bila orang sakit tidak dapat tidur berarti semua sistem saraf dan organ badan tidak dapat istirahat.
Oleh itu cara yang terbaik disamping ikhtiar zahir maka patut dilakukan ikhtiar batin agar orang yang sakit dapat istirahat dengan sempurna, untuk maksud tersebut ikut petunjuk di bawah ini.
1. Dalam keadaan suci tulislah ayat-ayat dibawah ini di atas kertas.
a. Surat Al Kahfi ayat 25
b. Surat maryam ayat 18
c. Surat Maryam ayat 98 
2. Kertas yang telah ditulis itu dilipat dan diletakkan di bawah bantal orang sakit tersebut.
Insya Allah, orang sakit itu akan tidur dengan nyenyak.

Demikianlah beberapa hikmah surat Al Kahfi, semoga bermanfaat.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan Surat Al Kahfi"

loading...