Artikel Terbaru

loading...

Keutamaan Surat Al fatihah

Keistimewaan Surah Al Fatihah. Surat yang terdiri 7 ayat ini (termasuk Basmalah) adalah surat yang pertama dan terpenting. sangking pentingnya, kita sebagai umat Islam wajib menghapalnya karena salah satu rukun dalam sholat adalah membaca surah Al Fatihah.
Akan tetapi yang lebih penting lagi bahwa Surat Al Fatihah merupakan induk bagi semua isi Al Quran, serta menjadi inti sari dari kandungan Al Quran.
Isi Kandungan surat Al Fatihah mengandung beberapa unsur pokok, yaitu :
1. Masalah keimanan.
2. Masalah hukum-hukum.
3. Dan kisah-kisah, dari pada nabi dan orang-orang terdahulu yang menentang Allah.
Setiap solat, baik solat fardhu maupun sholat sunat dari setiap rakaatnya diwajibkan membaca surah Al-Fatihah. Ini menunjukkan keutamaan surah Al-Fatihah itu. Di dalam beberapa hadis juga disebutkan mengenai Fadilah surat Al Fatihah. Seperti hadits yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dari Abdul Malik bin Umar, Rasulullah SAW telah bersabda (yang artinya) : Fatihatul Kitab (Surah Al-Fatihah) itu adalah obat dari segala penyakit.
Selain itu manfaat surah al fatihah juga sebagai penawar racun, seperti hadits yang diriwayatkan oleh Sa'id bin Al-Manshur Al-Manshur Al-Baihaqi, Rasulullah SAW telah bersabda (yang artinya): Fatihatul Kitab (Surah Fatihah) itu obat dari segala macam racun.
keutamaan surat al fatihah

Adapun khasiat Surat Al Fatihah lainnya adalah:

1. Amalan agar selamat ketika tidur
apabila dibaca 1 kali ketika hendak tidur, ditambah dengan membaca surat Al-Ikhlas 1 kali, surat Al-Falaq 3 kali, dan ditambah surah An-Nas 1 kali, Insya Allah selama semalam itu dihindarkan dari sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Amalan dilapangkan rezeki, terbebas hutang, fakir miskin, kesehatanan dan keselamatan
Apabila dibaca 41 kali setiap selesai sholat sunat qabliyah subuh (solat sunah Subuh) dibaca secara terus menerus, maka Allah akan memberi kelapangan rejeki, dijauhkan dari kefakiran (kemiskinan) dan kehidupannya serba cukup. Jika mempunyai hutang, maka hutangnya akan terbayar. Jika mengidap penyakit yang sukar disembuhkan, maka Allah akan memberi kesembuhan.
Jika keadaannya dalam perantauan, maka di dalam perantauannya itu akan memperoleh kemuliaan dan disegani oleh masyarakat. Jika mempunyai musuh atau seteru, maka seterunya akan menjadi segan dan menyerah, bahkan akan berbalik menjadi teman akrab.

3. Wirid agar mudah mencari rejeki yang halal
Apabila dibaca 7 kali setiap selesai sholat fardu, maka Allah selalu melimpahkan kebaikan kepadanya dan dihindarkan dari kesusahan di dalam mencari nafkah sehari-hari. Segala yang diusahakan akan memperoleh hasil yang memuaskan. Hidupnya sehari-hari selalu memperoleh keberuntungan.

4. Amalan selamat dari gangguan ilmu sihir, ilmu hitam dan gangguan jin 
Apabila dibaca 20 kali setiap selesai solat fardhu, maka Allah akan menjaganya dari bahaya sihir, atau khianat manusia dengan ilmu hitam. Disamping itu juga dijauhkan dari gangguan jin dan syaitan yang terkutuk.

5. Amalan menyembuhkan sakit panas
Apabila dibaca 40 kali pada segelas air (setiap satu dihembuskan ke dalam air yang ada digelas tersebut), kemudian air itu diusapkan ke wajah orang yang sakit panas, Insya Allah, dia akan segera sembuh.

6. menyadarkan orang yang sakit jiwa atau pikiran
Apabila ditulis di piring kemudian dilunturkan dengan air putih (air biasa) lalu diminumkan kepada orang yang baru kebignunan karena terlalu banyak beban mental atau tekanan jiwa, Insya Allah, akan hilang kebingungannya. Fikirannya kembali tenang, jiwanya menjadi bersih kembali

7. Wirid untuk membebaskan diri dari ikatan rantai
Apabila seseorang dirantai atau diikat tangannya lalu dibacakan 121 kali, setelah itu rantai (diludahi 10 kali, Insya Allah, setelah digerakkan maka rantai atau ikatan itu akan putus dengan sendirinya).

Demikianlah Fadhilah surat Al Fatihah yang terdiri dari 7 ayat termasuk Basmalahnya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan Surat Al fatihah"

loading...