Artikel Terbaru

loading...

keutamaan surat al baqarah

Fadhilah Surat Al Baqarah. Surah Al Baqarah (bahasa Arab: البقرة , al-Baqarah, bahasa Indonesia: "Sapi Betina") adalah surah ke-2 dalam Al Qur'an. Surah ini terdiri dari 286 ayat, 6.221 kata, dan 25.500 huruf dan tergolong surah Madaniyah. Surah ini merupakan surah dengan jumlah ayat terbanyak dalam Al-Qur'an. Surah ini dinamai al-Baqarah yang artinya Sapi Betina sebab di dalam surah ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67-74). Surah ini juga dinamai Fustatul Qur'an (Puncak Al-Qur'an) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surah yang lain. Dinamai juga surah Alif Lam Mim karena ayat pertama di surah berisi tiga huruf arab yakni Alif, Lam, dan Mim. (Wikipedia).
Surat Al Baqarah sendiri memiliki banyak keistimewaan atau khasiat untuk kita sebagai umat, yaitu :

Fadilah Surat Al Baqarah

1. Amalan untuk Mencerdaskan Akal
Orang yang akalnya lemah, susah menghafal, cepat lupa atau lemah ingatannya, maka hendaklah ikhtiar dengan amalan batin seperti petunjuk ini:
- Tulislah ayat berikut ini (Al-Baqarah : 1-5), pada piring kaca atau porselin.
- Ditulis dengan tinta yang dicampur dengan minyak misik, minyak za'faran dan air mawar.
- Tuangkan air pada piring itu sehingga tulisannya luntur.
- Air tersebut diberi minum pada orang lemah fikiran atau orang yang cepat lupa.
- Usahakanlah beberapa kali, sebaiknya pada pagi Jum’at, Insya Allah akal menjadi cerdas dan tidak cepat lupa.
Demikianlah Hikmah surat al baqarah ayat 1-5. Semasa menulis hendaklah dalam keadaan suci dari hadas besar atau hadas kecil.

2. Amalan Menolak Malapetaka Dan Kejahatan Manusia
Setiap orang pasti menginginkan keselamatan diri dari malapetaka atau bencana dan kejahatan manusia. Keselamatan dari kejahatan manusia dapat dihindari dengan cara mengatur pergaulan yang baik dengan anggota masyarakat. Di samping itu dapat dijaga dengan ikhtiar batin yaitu mengamalkan kalam Ilahi. Begitu juga malapetaka yang diuji oleh Allah SWT pada makhluknya dapat dihindari sekiranya kita beramal dengan ayat-ayat Al-Quran.
Bagi menjaga keselamatan diri dari kejahatan manusia dan malapetaka, ikutlah petunjuk di bawah ini, yaitu :
- Membiasakan sholat sunah misalnya sholat tahajjud atau sholat hajat.
- Selepas sholat malam tersebut sekurang-kurangnya dua rakaat, amalkan (Dengan mengucapkan ayat-ayat di bawah ini).
a. Surah Al-Baqarah ayat 17-18
c. Surah Yasin ayat 9
d. Surah Ar-Rahman ayat 33
Insya Allah, Tuhan akan menjaga kita dari berbagai bencana yang terjadi dan dilindungi dari gangguan kejahatan manusia, jin, syaitan dan lain-lain.
Ayat-ayat di atas boleh juga diamalkan selepas sholat sunat Maghrib dua rakaat.
demikian amalan bacaan surat al baqarah ayat 17-18 beserta ayat lainnya.

3. Jimat Mengetahui Kejadian Di waktu Tidur
Apabila perempuan yang tidur nyenyak, susah hendak dibangunkan, maka untuk mengetahui apa-apa yang terjadi ketika tidur nyenyak itu, maka lakukan perkara-perkara di bawah ini, yaitu :
- Tulislah ayat (Al-Baqarah : 17) di bawah ini pada selembar kain yang pernah dipakai perempuan yang belum baligh.
- Waktu menulis hendaklah pada malam senin dan suci dari hadas besar dan hadas kecil.
- Kemudian ayat yang ditulis itu, diletakkan atas dada perempuan yang tidur nyenyak itu. Insya Allah, wanita itu akan mengetahui apa-apa yang berlaku semasa tidur, walaupun ia dalam keadaan belum sadar.

4. Jimat Cara Mengetahui Pencuri
Kalau ingin mengetahui orang yang tinggal serumah mencuri barang berharga atau uang, untuk mengetahui sama ada orang dalam rumah atau orang luar yang mencuri maka hendaklah lakukan perkara-perkara yang berikut, yaitu:
- Ambil makanan yang bisa ditulis seperti kue atau roti mengikut jumlah orang yang tinggal dalam rumah.
- Setiap kue atau makanan itu ditulis dengan ayat (Al-Baqarah : 72)
- kue atau makanan yang ditulis itu diberi pada setiap orang yang tinggal dalam rumah.
- Bila di antara penghuni rumah ada yang tidak dapat menelan atau muntah-muntah setelah memakannya, maka orang itulah yang mencuri.
Khasiat Surat Al Baqarah ini, ketika menulis hendaklah dalam keadaan suci dari hadas besar dan kecil. 

5. Jimat Mendamaikan Suami Isteri

Sekiranya terdapat suami isteri yang berbalah atau rumah tangga yang tidak pemah rukun damai, supaya suami isteri itu hidup tenteram lakukanlah cara yang berikut ini:
- Buatlah patung dari lilin atau benda lain di mana patung atau boneka itu berbentuk lelaki dan perempuan.
- Pada boneka perempuan ditulis nama suami dan pada boneka laki-laki ditulis nama isteri (dengan tulisan jawa). Hendaklah menulis dengan menggunakan jarum dari tembaga.
- Tulislah ayat (Al-Baqarah : 74) pada sehelai kertas, dan ketika menulis hendaklah dalam keadaan suci.
- Kedua boneka itu diikat saling menghadap berhadapan, di antara kedua boneka itu diletakkan kertas yang ditulis ayat tersebut.
- Tanamlah kedua boneka tersebut di bawah pohon yang sedang berbuah.
Insya Allah dengan izin-Nya, suami isteri itu akan rukun kembali dan hidup mereka penuh kasih sayang.

6. Zimat gampang mendapatkan Rezeki
Salah satu unsur yang menyebabkan kebahagiaan rumah taugga adalah terpenuhinya nafkah sehari-hari dengan baik.
Kemurahan rezeki itu boleh dicapai dengan giat bekerja tanpa mengurangi kewajiban kita dalam agama. Tetapi kalau kita sudah giat bekerja dan berusaha namun, belum berhasil, maka jangan mengeluh dan putus asa. Usahakan dengan giat berdoa memohon kepada Allah. Di samping itu pakailah cincin murah rezeki. Adapun cara membuatnya seperti berikut:
1. Buatlah cincin dari perak.
2. Lalu ukirlah (surat al baqarah ayat 56-57) pada cincin tersebut. Waktu menulisnya harus dalam keadaan suci.
3. Setelah itu pakailah terus cincin tersebut.
Insya Allah, dengan disertai ikhtiar seperti itu Allah akan memberi jalan rezeki yang baik, mudah dan berkah.
Itulah Faedah Surat Al Baqarah ayat 56-57. buatlah jimat tersebut dalam keadaan suci dari segala hadats.

7. Amalan Agar berhasil menagih Hutang
Ada orang berhutang tetapi sukar diminta meskipun sudah sampai waktu untuk membayarnya. Jika ditagih selalu mengemukakan berbagai alasan. Supaya dia mahu membayar hutangnya waktu diminta, maka amalkan petunjuk di bawah ini:
1. Jika akan berangkat menagih, pada tengah malam sholat hajat 2 rakaat.
2. Selesai sholat lalu membaca (surat Al-Baqarah ayat 72) sebanyak 123 kali dan bacaan itu dikhususkan kepada orang yang akan ditagih hutangnya.
3. Cara mengkhususkannya adalah:

Bersama dengan itu lalu membaca surah Al-Fatihah dan terus disambung membaca ayatnya sebanyak 123 kali. Sedang titik-titik diisi dengan nama orang yang akan ditagih beserta ayahnya.
Insya Allah, orang yang sebelumnya selalu beralasan jika diminta hutangnya dengan mudah membayarnya.
Demikianlah khasiat yang terkandung di dalam surah Al-Baqarah ayat 72. Bagi orang yang menagih hutang hutang supaya tidak menagih disembarangan tempat, apalagi ditempat-tempat yang ramai orang. Jagalah etika atau tatacara menagih hutang. Sebab orang akan enggan membayar hutangnya jika dia dimalukan di muka umum akan sakit hatinya.

8. Amalan cara Mengetahui Rahasia seseorang ketika Tidur
Apakah yang dialami seseorang ketika tidur? Untuk mengetahui perkara-perkara yang ada di waktu tidur, lkut petunjuk di bawah ini, yaitu :
1. Berwuduk lebih dulu.
2. tulis surat al baqarah ayat 72-73 pada telapak tangan anda.
3. lalu letakkan telapak tangan anda tersebut ke atas dada orang yang tidur itu.
Insya Allah orang yang tidur itu akan menceritakan apa yang dialami ketika tidur. Semua yang terjadi pada dirinya akan diceritakan dengan jelas.

9. Ayat Al-Kursi : Amalan Menghindar gangguan SyaitanAyat Al-Kursi atau surat al-baqarah ayat 225, mempunyai banyak khasiat. Antara fadhilah ayat Kursi adalah:
1. Bila dibaca ketika akan tidur maka akan dipelihara dari mimpi mengerikan, dijaga dari gangguan syaitan, dan makhluk halus.
2. Bila dibaca telinga orang yang pengsan maka dia akan sadar kembali.
3. Bila ditulis di atas kertas dengan menggunakan tinta yang dicampur dengan minyak misik, minyak za'faran dan ditulis bersama dengan surat Al-Falaq dan An-Nas kemudian dikalungkan pada orang kerasukan hantu dan syaitan maka orang itu akan sadar kembali.

10. Memusnahkan Kumpulan MaksiatBila kita mempunyai anak, saudara, teman atau tetangga yang sudah erat dan baik hubungannya. Kemudian mereka itu terjerumus ke dalam pergaulan atau perkumpulan maksiat. Sudah berkali-kali dinasihati atau diperingatkan, tetapi tetap saja berdegil. Nah untuk menyelamatkan mereka itu terutama anak dan saudara dari perkumpulan maksiat, maka usahakan dengan cara sebagai berikut:
1. Sediakan piring atau mangkuk kaca (porselin/keramik)
2. Tulislah ayat di bawah ini pada piring atau mangkuk tersebut. Waktu menulis harus dalam keadaan suci.
3. Lalu tulisan itu dilunturkan dengan air hujan.
4. Setelah itu diminumkan air tersebut kepada orang yang dimaksud.
Insya Allah, tidak berapa lama akan terjadi perubahan pada perilakunya. Sehingga akhirnya terjadi perselisihan antara anggota perkumpulan yang mengakibatkan perkumpulan itu menjadi musnah.
Demikianlah khasiat yang terkandung di dalam surah Al-Baqarah ayat 249. Agar usaha ini berhasil, maka supaya diusahakan bagaimana caranya memberikan air yang sudah diberi mantera itu kepada orang yang dimaksud. Sebab kalau diketahuinya mungkin dia menolak bahkan akan lebih memusuhi kita dan lebih giat menjalankan kemaksiatannya

Demikianlah beberapa manfaat surat al baqarah. Ingatlah bahwa setiap usaha harus disertai dengan do'a kepada Allah baik dalam bentuk apapun, entah sholat hajat, atau amalan-amalan di atas.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "keutamaan surat al baqarah"

loading...