Artikel Terbaru

loading...

Keutamaan Surat Al ikhlas

Faedah Surat Al Ikhlas. Surat al ikhlas tergolong surat yang pendek hanya terdiri dari empat ayat sehingga banyak yang menghafalnya. Surat Al Ikhlas berisi mengenai penegasan tentang kemuliaan Allah SWT dan menolak segala macam kemusyrikan. Sebagaimana Surah Al Fatihah, Fadhilah Surah Al Ikhlas pun banyak jumlahnya. Seperti tersebut di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-'Uqaili dari Raja A Ghanawi, Rasulallah SAW, telah bersabda: Barang siapa membaca Surat Al Ikhlas tiga kali, maka seakan-akan dia telah membaca Al-Quran seluruhnya.
keutamaan surat al ikhlas


Fadilah Surat Al Ikhlas, antara lain:

1. barang siapa membaca satu kali surat al ikhlas maka ia memperoleh ganjaran sebagai orang yang beriman terhadap Allah, malaikat, kitab-kitab, dan beriman kepada para nabi dan rasul. selain itu ia akan mendapat ganjaran seperti ganjarannya seratus orang mati syahid.
2.orang yang membaca surat al ikhlas satu kali sama ganjarannya dengan atau memperoleh ganjaran membaca seperti seluruh al-quran. enak bukan.. berarti kalau membaca surat al-ikhlas tiga kali mendapat ganjaran seperti membaca satu al-quran penuh sampai khatam alias selesai.
3. barang siapa membaca surat al ikhlas sebelas kali akan disediakan sebuah rumah yang indah di syurga. jadi kalau ingin punya banyak vila dan rumah sering-sering aja baca surat al-ikhlas tapi dapatnya besok kalau sudah mati.
4. siapa yang membaca surat al ikhlas sebelas kali setiap selesai sholat subuh maka dirinya akan dijaga dari perbuatan dosa selama sehari tersebut. jangankan bisa membaca, sholat subuh aja jarang.
5. orang yang membaca surat al ikhlas lima puluh kali maka memperoleh ganjaran dengan diampuni dosanya selama lima puluh tahun. padahal dosa lebih dari 500 tahun .
6. barang siapa membiasakan setiap hari membaca surat al ikhlas dua ratus kali maka dicatat memperoleh seribu lima ratus kebaikan dan diampuni dosanya lima puluh tahun.
7. barang siapa yang mampu membaca al ikhlas seribu kali berarti ia telah menebus dirinya dari neraka.
8. Bila dibaca secara rutin setiap hari, Insya Allah akan mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat. Sebaiknya dibaca setiap selesai sholat fardhu menurut kemampuan masing-masing asal jangan sampai mengakibatkan kebosanan.
demikianlah beberapa hikmah surat al ikhlas, dimana amalan membaca surat al ikhlash begitu besar pahala, ganjaran, atau derajatnya. berikut adalah keistimewaan surat al ikhlas dari segi khasiat atau manfaatnya.

Khasiat Surat Al Ikhlas :
1. Bila dibacakan kepada orang yang sedang sakit, seandainya dia kemudian mati pada hari itu juga, maka Insya Allah dia akan diselamatkan dari siksa kubur.
2. Bila dalam perjalanan kemudian merasa lapar atau dahaga padahal tidak ada warung makan, maka bacalah lafal "Ya shamadu" sebanyak-banyaknya. Insya Allah, rasa lapar dan dahaga akan hilang dan seakan-akan kembali kenyang lagi.
3. Bila kita amalkan dengan mewiridkan lafaz "Ya shamadu" secara rutin setiap hari (terserah waktu membacanya) sebanyak 134 kali, Insya Allah, kita diselamatkan dari maksud jahat orang yang rakus dan serakah.
4. Bila lafaz "Ya shamadu" kita wiridkan secara rutin tiap hari sebanyak 40 kali, Insya Allah, selama hayat masih dikandung badan kita akan selamat dari tipu daya dan kejahatan orang-orang yang serakah.

Demikianlah di antara manfaat surat Al Ikhlas. Akan tetapi yang lebih penting dari itu semua bahwa kita membaca amalan surat Al Ikhlas itu merupakan ibadah yang mendapat pahala. Pernah suatu hari datang salah seorang sahabat Nabi menceritakan kepada baginda mengenai kecintaannya membaca surah Al Ikhlas. Baginda lalu bersabda (yang artinya): "Kecintaanmu kepada surah Al Ikhlas itu dapat memasukkan kamu ke dalam syurga."
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan Surat Al ikhlas"

loading...